5 Alasan Memilih Budidaya Lada

bibit lada perdu


5 Alasan Memilih Budidaya Lada

Budidaya lada tampaknya semakin ramai dan dilirik para petani. Tentu saja hal ini bukan tanpa alasan. Budidaya lada memiliki banyak keunggulan yang bisa mendongkrak pendapatan petani. Budidaya lada bisa menjadi salah satu alternatif usaha agribisnis yang prospek dan memiliki nilai jual yang tinggi.

Pertama, budidaya lada merupakan usaha padat karya yang melibatkan atau menyerap banyak tenaga di setiap KK (kepala Keluarga) petani. Untuk mengusahakan tanaman lada secara intensif, setiap KK petani mampu mengelola 750 pohon atau 0,5 ha lahan penanaman lada.

Kedua, tanaman lada merupakan salah satu High Value Product (produk bernilai tinggi) karena memiliki nilai per kilo gram relatif tinggi dan dapat ditangani dengan menggunakan teknologi sederhana.

Ketiga, tanaman lada selalu terkait dengan tanaman tiang atau panjat sehingga dapat ditanam(diusahakan) bersama sama dengan tanaman keras atau tanaman penghijauan semacam mangga dan lain sebagainya. Mengikutsertakan tanaman lada dalam usaha penghijauan berarti juga memperbaiki ekonomi petani di lahan kritis.

Keempat, pengembangan tanaman lada di wilayah Tradisional mempunyai arti yang sangat penting karena merupakan sumber pendapatan utama bagi masyarakat setempat dan akan menumbuhkan berbagai kemajuan sosial ekonomi di wilayah tersebut.

Kelima, lada dapat dijadikan sebagai tanaman pekarangan atau usaha campuran dengan komoditas lain. Penanaman lada dalam hal lebih kecil pun tidak akan mengalami kesulitan mengingat pangsa pasarnya yang luas dan terbuka lebar. Siapa saja dengan modal sedikit ataupun banyak bisa mencoba budidaya lada tanpa perlu khawatir bagaimana pemasarannya nanti. Tentu saja anda tinggal menyiapkan bibit lada unggul seperti bibit lada perdu.

Dengan kelima alasan tersebut diatas kiranya tepat bila anda menjatuhkan pilihan anda pada budidaya lada termasuk lada perdu. Di samping harganya yang relatif stabil dan tinggi, pemainnya yang belum begitu banyak, juga pemasarannya yang gampang menjadikan budidaya lada perdu patut dilirik bagi siapa saja. Anda bisa memanfaatkan lahan di sekitar anda yang kosong ataupun menggunakan polybag sekaligus perindang di rumah halaman anda. Setali tiga uang. Selain menjadi fungsi estetis, ekologis juga ekonomis. Tertarik mencoba budidaya lada perdu? Kami sedia bibit lada perdu dan siap kirim ke seluruh Indonesia. Untuk pemesanan Hubungi WA 087838393451. Salam suskes untuk petani lada perdu Indonesia.   





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan Lada Perdu Dengan Lada Panjat

Pembibitan Lada Perdu

Pemeliharaan, Pemupukan, dan Pengendalian Hama & Penyakit Lada Perdu