Keunggulan Lada Perdu


Keunggulan Lada Perdu


bibit lada perdu

Budidaya lada perdu semakin dilirik masyarakat luas. Banyak alasan yang menyebabkan lada perdu begitu memikat para petani. Disamping nilai jual yang tinggi, cara budidaya yang relatif mudah dan masa panen yang cukup singkat serta pangsa pasar yang terbuka lebar. Wajar bila lada perdu kini menjadi idola baru petani Indonesia yang menyukai dunia agribisnis.

Budidaya lada perdu belum dikembangkan secara luas. Pada hal, lada perdu sebenarnya menyimpan potensi besar sebagai pendongkrak ekonomi petani. Budidaya lada perdu bisa dibudidayakan dimana saja; bisa di halaman atau pekarangan rumah, kebun, sawah dan ladang. Pengembangan lada perdu bahkan dinilai lebih menguntungkan dibanding lada biasa (lada panjat).

Menurut H.Rahmat (2003) keuntungan lada perdu secara detail adalah sebagai berikut :
1.       Bahan tanaman banyak tersedia.
2.       Tanaman tidak memerlukan tiang penegak atau tiang panjat.
3.       Populasi tanaman per satuan luas lahan lebih banyak.
4.       Berumur genjah (mampu berbuah setelah satu tahun ditanam di kebun)
5.       Pemeliharaan tidak perlu menggunakan tangga.
6.       Pemanenan tidak perlu menggunakan tangga.
7.       Tidak perlu dilakukan tindakan bersifat agronomik seperti pemangkasan dan pengikatan sulur.
8.       Memiliki peluang untuk dikembangkan sebagai tanaman sela dan tanaman pekarangan.
9.       Mempunyai nilai estetika jika ditanam di halaman rumah atau pot
10.   Memungkinkan dilaksanakannya mekanisasi dalam budidaya , dan
11.   Bermanfaat bagi kegiatan penelitian misalnya persilangan atau hibridisasi.
12.   Belum banyak dibudidayakan petani atau masih terbatas yang membudidayakannya sehingga peluangnya cukup terbuka lebar.

Percobaan yang dilakukan oleh sub –Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat selama lima tahun menunjukkan bahwa lada perdu dapat memberikan produksi rata rata 200 gram/ pohon pada umur dua tahun dan 500 gram per pohon pada umur tiga tahun. Jika penanaman dilakukan dengan jarak tanam 1 meter x 2 meter, populasi tanaman 4,500 pohon/ ha, dan perkiraan lahan produktif 90 persen, maka pada umur dua tahun produksi lada dapat mencapai 900 Kg/ ha dan pada umur tiga tahun mencapai 2,250 kg/ha. Ditinjau dari aspek keuntungannya, dengan luasan dan teknologi yang sama usaha tani lada perdu lebih menguntungkan dari pada usaha tani lada biasa.


 Anda berminat bertani lada perdu? kami sedia bibit lada perdu murah berkualitas dan siap kirim ke seluruh penjuru nusantara. Untuk pemesanan bisa menghubungi kami di 087838393451. Lokasi Di Rajek Lor RT 2 RW 24 Desa Tirtoadi Mlati Sleman. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan Lada Perdu Dengan Lada Panjat

Pembibitan Lada Perdu

Pemeliharaan, Pemupukan, dan Pengendalian Hama & Penyakit Lada Perdu