Syarat tumbuh tanaman lada perdu


Syarat tumbuh tanaman lada perdu


Lada perdu merupakan salah satu varietas unggul dari jenis rempah-rempah. Lada perdu dapat di tanam di berbagai daerah, karena karakteristik tanaman ini yang menjalar sehingga sangat mudah untuk mencoba budidaya lada perdu ini.  Pertumbuhan dan produktivitas tanaman lada perdu sangat di pengaruhi oleh lingkungan tempat budidaya, iklim, curah hujan dan keadaan tanah sekitar. Lada perdu memiliki keunggulan yang jarang dimiliki oleh tanaman lain yaitu kemampuan adaptasi terhadap iklim tropis yang bagus.
bibit lada perdu


Di daerah-daerah penyebaran lada perdu , rata-rata berada di dataran rendah, dengan ketinggian kurang dari 500mdpl. Kondisi daerah berada di tempat terbuka hingga kondisi daerah yang semi naungan sinar matahari sekitar 70%.  Memiliki curah hujan dengan kisaran 2.200mm-3.000mm/tahun, dan juga memiliki bulan kering antara 1-3 bulan dengan jumlah hari hujan 150-170 hari.  Itulah beberapa kriteria daerah penyebaran tanaman lada perdu, yang cocok dengan syarat tumbuh.
Pada saat masih berupa bibit lada perdu tidak boleh terlalu sering terkena air hujan, karena curah hujan dan kelembaban yang terlalu tinggi, dapat menyebabkan jamur penyakit tumbuh subur, sehingga dapat mempengaruhi kualitas dari bibit lada perdu saat penanaman nantinya. Saat curah hujan tinggi jamur yang membawa penyakit seperti jenis jamur phythopthora sp akan berkembang biak, sehingga menyebabkan penyakit busuk pangkal.
Sebaliknya jika curah hujan cukup merata, akan memiliki dampak baik untuk pertumbuhan lada perdu, bibit lada perdu yang di tanam dalam keadaan lingkungan yang memiliki cadangan air cukup akan tumbuh menjadi tanaman sehat, kebal terhadap penyakit dan tumbuh subur tentunya. Sehingga tumbuhan tidak terlihat layu pada daun maupun batangnya, akarnya pun akan menjalar kuat menembus tanah.
Budidaya lada perdu dapat dilakukan pada kriteria tanah yang subur, gembur dan banyak mengandung unsur organik. Tanah yang baik untuk budidaya lada perdu biasanya memiliki PH 5,5-6,5, dengan keumuman PH 5,8 dan tidak memiliki unsur-unsur racun baik alami maupun karena pencemaran lingkungan.  Tanaman lada perdu membutuhkan tanah dengan drainase yang baik, daya tahan terhadap air cukup, struktur remah dan memiliki derajat keasaman yang asam sampai netral.

Sebenarnya budidaya lada perdu dapat di lakukan di berbagai jenis tanah, akan tetapi jika dilihat dari daerah penyebaran lada perdu maupun tempat-tempat yang menjual lada perdu memiliki jenis tanah andosol, latosol, dan podsolik. Ke tiga karakteristik tanah tersebutlah yang umum digunakan untuk menanam lada perdu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan Lada Perdu Dengan Lada Panjat

Pembibitan Lada Perdu

Pemeliharaan, Pemupukan, dan Pengendalian Hama & Penyakit Lada Perdu