Cara Budidaya Lada Perdu Di Polybag

Cara Budidaya Lada Perdu Di Polybag

Lada perdu atau Merica Perdu adalah jenis tanaman lada yang tidak menjalar. Tanaman lada perdu tidak memiliki sulur panjat, sebab itu tanaman ini tidak bisa memanjat. Lada perdu tumbuh sebagaimana tanaman perdu pada umumnya. Jenis tanaman ini juga sangat cocok untuk dibudidayakan di lahan pekarangan yang sempit atau terbatas. Budidaya lada perdu bisa dilakukan dengan menggunakan pot, polybag, karung goni bekas, atau di tanam langsung di tanah.

Sebagai tanaman yang dikenal sebagai The King of Spice (raja rempah-rempah) semenjak kisaran 1980-an lada perdu dapat dijadikan sebagai solusi alternatif pemikat pundi-pundi rupiah. Selain biaya produksinya yang rendah, ekonomis dan ekologis. Lada perdu sudah banyak menyita perhatian dunia. Berdasarkan dari hasil reseach para ahli menyebutkan, kebutuhan dunia pada lada di kisaran tahun 2000, mencapai 280.000 ton, dengan asumsi konsumsi rata-rata 70 g per kapita, per tahun.
Kebutuhan tersebut seiring berjalan tahun terus semakin meningkat hingga saat ini. Maka logis apabila lada perdu dapat dijadikan sebagai tanaman alternatif pemikat pundi-pundi rupiah. Permasalahannya, bagaimana dengan Anda yang tidak memiliki cukup lahan untuk bercocok tanam lada perdu? Menjawab hal ini, Anda tidak perlu risau, sebab untuk budidaya lada perdu Anda tidak butuh harus memiliki berhektar-hektar lahan. Anda bahkan bisa membudidayakan lada perdu di pekarangan rumah Anda sendiri.

Berikut merupakan beberapa tahapan praktis bagi Anda yang ingin membudidayakan lada perdu di pekarangan rumah dengan media pot polybag:


1.      Persiapan bibit Lada Perdu

Langkah pertama budidaya lada perdu di pakarangan rumah media pot polybag adalah penyedian benih atau bibit lada perdu. Benih lada perdu berasal dari setek cabang primer dan sekunder atau cabang primer yang menyertakan sulur panjar (setek bertapak). Bahan benih lada perdu di semai dengan menggunakan media polybag yang sebelumnya sudah berisi tanah top soil, pupuk kandang dan pasir selama kurang lebih 3-4 bulan atau hingga dengan perkaran tanaman tumbuh baik dan kuat untuk dipindah. Untuk merangsang pertumbuhan akar Anda bisa menggunakan zat pengatur tumbuh (ZPT), air gula atau air kelapa.


2.      Persiapan Media Tanam di Pot Polybag

bibit lada perdu

Budidaya lada perdu di pekarangan rumah bisa menggunakan pot atau polybad. Adapun media tanam yang digunakan adalah; tanah, arang sekam, dan pupuk kandang atau kompos.
a.       Tanah, merupakan media tanam utama
b.      Arang sekam, berfungsi agar tanah tidak mudah padat dan keras
c.       Pupuk kandang atau kompos berfungsi sebagai sumber hara yang dibutuhkan oleh tanaman lada perdu.
Adapun langkah praktis cara menyiapkan media tanam lada perdu di pekarangan rumah, yaitu;
a.       Persiapan media tanam menggunakan pot atau polybag
1)      Sediakan pot atau polybag yang minimal berkuran tinggi 40 cm dengan diameter 50 cm
2)      Siapkan campuran tanah, pupuk kandang, arang sekam / pasir dengan perbandingan 5 : 2 : 1sebagai media tanam
3)      Media tanam tersebut diaduk hingga rata. Setelah itu biarkan selama kurang lebih 2 minggu

b.      Penanaman di Pot Polybag
Apabila bibit lada perdu sudah berumur 4 bulan, maka bibit sudah siap untuk dipindah tanam. Adapun langkah-langkah memindah bibit ke media tanam, yaitu;
1)      Buka polybag dengan hati-hati. Ingat, jangan sampai media semai pecah atau rusak
2)      Masukkan bibit ke pot atau polybag
3)      Masukkan media tanam yang sebelumnya sudah disiapkan sembari sedikit dipadatkan
4)      Setelah itu siram bibit secukupnya ata bibit tidak layu. Hal itu juga membantu agar bibit lada perdu tidak stress karena berganti media tanam.
Demikian cara budidaya lada perdu di pekarangan rumah dengan menggunakan pot atau polybag. Untuk melengkapi pengetahuan Anda terkait dengan budidaya lada perdu baca juga; Pemiliharaan, Pengendalian Hama dan Cara Panen Lada Perdu. Apabila Anda tertarik untuk budidaya Lada Perdu? kami sedia bibit lada perdu berkualitas dan siap kirim ke seluruh Indonesia. Untuk pemesanan bisa langsung menghubungi Phone/Wa; 08783893451

Semoga bermanfaat, sukses selalu bagi Anda yang membudayakan berpikir positif.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan Lada Perdu Dengan Lada Panjat

Pembibitan Lada Perdu

Pemeliharaan, Pemupukan, dan Pengendalian Hama & Penyakit Lada Perdu