Keunggulan Budidaya Lada Perdu

Keunggulan Budidaya Lada Perdu

Budidaya ladaperdu berbeda dengan budidaya lada panjat. Lada perdu tidak membutuhkan tiang panjat sebagaimana lada panjat. Lada perdu merupakan varietas tanaman lada yang sengaja dibudidayakan guna menjawab persoalan budidaya lada panjat yang dinilai biaya budidaya semakin mahal. Hal itu mengingat semakin sulitnya memperoleh tiang panjat mati yang tahan lama di samping harganya yang mulai mahal. Sementara penggunaan tiang panjat hidup menyebabkan adanya persaingan cahaya, hara air dan CO2. Hal ini tentunya menjadi persoalan tersendiri bagi para petani lada.
budidaya lada perdu

Dari sini kemudian beberapa pakar tanaman lada mulai melakukan penelitian dan uji coba sehingga kemudian lahir jenis tanaman lada perdu. Lada perdu merupakan varietas tanaman lada yang sengaja dibudidayakan utnuk menjawab persoalan biaya budidaya lada panjat yang dinilai semakin mahal, sekaligus sebagai solusi untuk mengatasi masalah semakin sulitnya memperoleh tiang panjat.
Beberapa kelebihan dan keunggulan budidaya lada perdu adalah :
1.      Tidak memerlukan tiang panjat sehingga dapat menekan biaya produksi
2.      Pemeliharaan lebih mudah apabila dibandingkan pemeliharaan lada panjat
3.      Pemanenan lebih mudah karena untuk melakukan pemanenan Anda tidak butuh menggunakan tangga, sebab tinggi lada perdu hanya dikisaran 90 cm hingga 120 cm.
4.      Bisa ditumpang sela dengan tanaman tahunan atau bisa ditumpangsari dengan tanaman semusim.
5.      Kelebihan lain budidaya lada perdu adalah bisa dibudidayakan di lahan sempit atau di sekitar pekarangan rumah yang tidak begitu luas karena lada perdu dapat ditanam menggunakan pot atau polybag.
Beberapa aspek agronomi yang membedakan antara budidaya lada perdu dan lada panjat adalah; pada penyiapan dan perbanyakan bahan tanaman,  pendederan dan pembibitan, pemeliharaan, panen. Selain itu terdapat aspek lain seperti pengendalian hama penyakit dan pasca panen pada tanaman lada perdu sama dengan lada tiang panjat.
Meski menurut beberapa kalangan menilai produktivitas lada perdu relatif rendah (0,4 – 0,5 kg lada kering/tahun) dan baru mulai dipanen pada umur 2 tahun. Hanya saja  populasi persatuan luas cukup tinggi yaitu ± 4000-4500 tanaman/ha. Dengan demikian produksi per hektar hampir setara dengan tanaman lada panjat. Lebih dari itu,  pemeliharaan lada perdu relatif lebih mudah dan murah dibanding lada panjat, sehingga biaya produksi dapat ditekan.

Sekarang ini untuk mendapatkan bibit lada perdu tidak sulit Anda cukup menghubungi Phone/Wa: 08783893451

Komentar

  1. SELAMAT SORE, SAYA SANGAT TERTARIK DAN BERMINAT MENGEMBANGKAN LADA PERDU DI RUMAH DAN KAMPUNG (DURI-ENREKANG). SAYA BUTUH INFORMASI:
    DIMANA ALAMAT LENGKAPNYA DI MAKASSAR AGAR MUDAH MENDAPATKAN BIBITNYA. TERMS, DARI SAHUDIN, JLN PERDATA RAYA KOMP. UNHAS ANTANG BLOK. E/75

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya pak, maaf, kami ada di jogja pak... Tapi kami bisa kirim kirim kok

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan Lada Perdu Dengan Lada Panjat

Pembibitan Lada Perdu

Pemeliharaan, Pemupukan, dan Pengendalian Hama & Penyakit Lada Perdu