Pemeliharaan, Pemupukan, dan Pengendalian Hama & Penyakit Lada Perdu

lada perdu

Pada bagian artikel yang lain Anda mungkin sudah menemukan cara budidaya lada perdu, mungkin saja Anda sudah diam-diam mempraktekkannya, namun tahukan Anda cara pemeliharaan, pemupukan dan pengendalian hama panen lada perdu yang baik dan benar? Jawaban, Anda mungkin cukup beragam, untuk menyempurnakan pengetahuan Anda berikut adalah beberapa langkah praktis yang dapat Anda jadikan pijakan.
Sebagai tanaman yang cukup mudah untuk dibudidayakan pemeliharaan, pemupukan, dan pengendalian lada perdu sebenarnya tidak banyak menyita pikiran. Anda cukup bermodal yakin, berpikir positif bahwa Anda bisa dan ikuti beberapa langkah berikut:
1.      Pemeliharaan Lada Perdu
Pemeliharan tanaman lada perdu tidaklah sulit dan rumit, Anda cukup melakukan beberapa langkah-langkah berikut dengan rutin:
a.       Melakukan penyiraman secukupnya. Penyiraman ini cukup disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi
b.      Melakukan penyiangan gulma, yaitu dengan cara mencabuti rumput liar yang biasa tumbuh di sekitar tanaman di media tanam
c.       Melakukan pemangkasan cabang tanaman. Pemangkasan ini dilakukan apabila cabang terlihat terlalu rimbun
d.      Membuat penyangga dari kayu atau bambu. Penyangga ini berguna agar cabang-cabang tanaman lada perdu tidak menyentuh tanah
Cukup mudah bukan, mari kita melangkah pada tahap yang selanjutnya.
2.      Pemupukan Lada Perdu
Proses pemupukan sangat dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan unsur hara gara tanaman lada perdu dapat tumpuh dengan optimal. Dalam hal ini pupuk yang digunakan untuk tanaman lada perdu adalah pupuk kandang atau kompos dan pupuk NPK. Adapun dosis, frekuensi dan waktu pemberian pupuk tanaman lada perdu, yaitu:
a.       Untuk pupuk kandang dosis diberikan 5 kg/per tanaman. Pupuk kandang ini diberikan sekali dalam setahun.
b.      Pada tahun pertama dosis pupuk NPK yang diberikan sebanyak 50 gram/tanaman
c.       Pada tahun kedua dosis pupuk NPK yang diberikan sebanyak 100 gram/tanaman
d.      Pada tahun ketiga dosis pupuk NPK yang diberikan sebanyak 200 gram/tanaman
e.       Frekuensi pemupukan lada perdu diberikan 4 kali dalam setahun
Dalam hal ini dapat dipahami bahwa proses pemupukan lada perdu sangatlah mudah dan tidak menyita banyak wakut. Sebab dalam setahun Anda hanya butuh melakukan proses pemupukan sebanyak 4 kali.
3.      Pengendalian Hama &Penyakit Lada Perdu
Untuk menyempurnakan hasil dari proses pemeliharaan dan pemupukan tanaman lada perdu, dibutuhkan juga proses pengendalian hama. Proses ini bertujuan untuk mengoptimalkan hasil dari budidaya lada perdu. Adapun langkah-langkah praktis proses pengendalian hama dan penyakit lada Perdu yaitu:
a.       Percabangan lada perdu yang rimbun dapat menyebabkan tanaman rentan terkena serangan penyakit, utamanya;  jamur (P. Capsici). Hal disebabkan oleh kelembaban udara di sekitar pangkal tanaman yang cukup tinggi. Untuk mengatasi hal itu langkah praktis yang bisa Anda lakukan yaitu dengan membuat penyangga dari kayu menyerupai para-para.
b.      Untuk mengendalikan serangan hama penyakit Anda dapat menggunakan biopestisida atau agensi hayati.
c.       Penyakit utama lada perdu yang penting untuk Anda ketahui, yaitu terdiri atas penyakit busuk pangkal batang (BPB), penyakit kuning dan penyakit keriting. Selain itu terkadang ladang perdu juga memperoleh serangan dari beberapa hama yang menyerang pada bagian bunga dan buah. Dalam hal ini langkah pengendalian hama dan penyakit utama yang dapat Anda lakukan yaitu bisa dengan cara kultur teknik dan pestisida atau agensi hayati.
d.      Agensi hayati yang digunakan untuk tanaman lada perdu, yaitu;
-       Bakteri Pasteuria penetrans untuk pengendalian penyakit kuning
-       Jamur Trichoderma harzianum untuk mengendalikan penyakit busuk pangkal batang
-       Jamur Beuveria bassiana mengendalikan hama walang sangit.
e.       Adapun jenis pestisida nabati untuk mengendalikan hama tanaman lada perdu, antara lain;
-       Ekstrak  biji bengkuang
-       Tepung cengkeh atau ekstrak akar tuba.
Demikian langkah-langkah praktis pemeliharaan, pemupukan hingga ke pengendalian hama dan penyakit lada perdu. Langkah-langkah praktis di atas dapat Anda jadikan sebagai pijakan dalam budidaya lada perdu guna mengoptimalkan pertumbuhan dan hasil dari budidaya lada perdu. Apabila Anda masih belum memiliki bibit lada perdu dan tertarik untuk membudidayakannya, Anda dapat menghubungi Phone/Wa; 08783893451
Salam sukses dan sejahtera untuk Anda...!


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan Lada Perdu Dengan Lada Panjat

Pembibitan Lada Perdu